tentang Sistem Operasi GNU/LINUX

GNULinux

GNU/Linux, atau dengan mudah juga dipanggil singkat sebagai "Linux", merupakan pilihan SistemOperasi yang menarik apabila Anda memiliki perangkat keras yang agak kuno. Hal ini karena GNU/Linux tidak terlalu menuntut perangkat keras yang cepat, dan bisa dipasang pada hard disk berukuran cukup kecil. GNU/Linux terdiri atas beberapa variasi yang dikembangkan oleh distributornya, oleh karena itu istilah yang merujuk pada variasi ini disebut dengan distro. Yang perlu diperhatikan pada penyebutan versi adalah versi GNU/Linux itu sendiri, yang ditandai dengan nomor kernel, dan versi distro. Sebagai misal, Debian GNU/Linux versi 3.0 dengan kernel versi 2.4.18. Angka 3.0 adalah versi milik distribusi, dalam hal ini Debian, dan 2.4.18 adalah versi kernel.

Karena termasuk produk perangkat lunak bebas, GNU/Linux relatif murah (sebagian besar malah tersedia cuma-cuma!) dibanding sistem operasi komersial. Perolehannya juga mudah: bagi pemakai dengan akses Internet berkecepatan tinggi dapat langsung mengambil sumber dari server utama distribusi, sedangkan instalasi lewat CD juga mudah diperoleh dengan langsung membeli versi CD.

Dukungan teknis GNU/Linux juga "meriah" di Indonesia, baik lewat komunitas, puluhan mailing-list yang semakin spesifik jenisnya, dan juga diskusi lewat forum atau IRC. Di Indonesia, GNU/Linux diwadahi oleh kelompok besar berskala nasional dan memiliki cabang di banyak kota besar, yakni Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI).

Distribusi GNU/Linux
Knoppix.
Red Hat Linux.
Ubuntu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: