Menunggu OS Baru Longhorn-Kesempatan Bagi Apple

Menunggu Sistem Operasi Baru Longhorn - Kesempatan Bagi Apple?


 
Jadwal peluncuran penerus XP, Longhorn, kembali ditunda. Bagi yang tidak sabar menunggu, bisa jadi mencari alternatif lain. Apakah sistem operasi Apple Tiger yang baru bisa memanfaatkan kesempatan ini?

Saat ini, ada dua topik yang hangat mengenai Windows: XP Reloaded dan XP Release 2. Apakah bakal ada Windows XP yang baru selagi menunggu Longhorn? Sejauh ini, banyak yang mempercayai gosip tersebut. Namun, saat dikonfirmasikan ke Microsoft, XP Reload ternyata hanyalah slogan marketing, tidak ada kaitannya dengan produk baru. Sementara, XP Release 2 merupakan versi update dari Windows Server 2003.

Jadwal peluncuran Longhorn pun sama sekali tidak pasti. "Kemungkinan tahun 2006", jawab Microsoft. Apabila dihitung-hitung nantinya, Windows XP sudah berusia lima tahun. Artinya, pengguna pun harus bertahan dengan teknologi ini selama lima tahun.

Windows Longhorn hadapi masalah
Sayangnya, walaupun terus ditunda, ada beberapa feature penting yang belum dapat diintegrasikan pada Longhorn. Misalnya, sistem file WinFS baru yang dapat mengoptimalkan dan mempermudah penanganan file PC Windows. WinFS baru akan dirilis pada 2007 sebagai add-on gratis. Tampaknya, developer di Microsoft mengalami masalah dalam merealisasikan jadwal yang ditentukan Bill Gates sendiri.
Bisa jadi ini alasan baik untuk melirik alternatif lain, terutama solusi dari Linux dan Apple. Saat ini, Apple pun sudah banyak menawarkan feature. Hal ini ditegaskan oleh juru bicara Apple kepada CHIP. "Tiger baru akan dirilis pada pertengahan pertama 2005, dan akan dipasarkan seharga US$ 150". Selanjutnya ada Mac OS X 10.4, update untuk OS X 10.3 akan segera rilis.

Dari sisi feature, Tiger menjanjikannya secara lengkap, di antaranya fungsi search metadata "Spotlight" yang dapat melakukan indexing semua file tanpa mengurangi kinerja. Longhorn juga memiliki fungsi yang mirip. Bedanya, fungsi ini sudah tersedia pada Apple, sedangkan Longhorn baru setahun kemudian.

Mac OS X Baru: Kemampuannya sama
Apple berpromosi dengan menyebutkan bahwa konsep keamanan mereka lebih baik: Tidak ada virus untuk OS X. Argumen ini tentu saja membuat gemas bos Microsoft Steve Ballmer. "Tentu saja Microsoft lebih sering diserang daripada produk-produk kurang diminati lainnya."

Mengenai program-program yang bisa digunakan, Apple tidak lagi melihat adanya kekurangan. Menurut mereka, saat ini tersedia sekitar 12.000 program dan beragam freeware. Apa yang mampu dikerjakan Windows, kini bisa dilakukan dengan OS X. “Selain itu, OS X lebih stabil karena menggunakan arsitektur Unix”, jelas Apple. Mungkin sedikit terlupakan, satu-satunya kekurangan Apple terletak pada masalah game.
Sudah pasti, Apple juga membuat banyak keluhan. Namun, dibandingkan dengan Windows, jumlahnya masih relatif kecil.

Info: www.apple.com


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: