Page Rank

PageRank


HariesDesign.Com PageRank yang sering disingkat dengan PR. Sebagaimana disampaikan oleh Google, PageRank adalah suatu standart alami yang menilai penggunaan mata rantai secara terstruktur terhadap suatu halaman. Melalui PR ini, masing-masing halaman yang ada di internet, diberikan indikator terhadap halaman lain yang mereferensikannya. Pada intinya, Google menginterpretasikan kaitan suatu halaman A terhadap halaman B, dimana penilaian dilakukan oleh halaman A yang memberikan referensi atau link ke halaman B. Sehingga pernilaian tersebut ditujukan untuk halaman B. Artinya, semakin banyak halaman yang mereferensikan/link ke halaman B, maka akan semakin tinggilah nilai halaman B dimata PageRank.
Namun demikian, Google melihat lebih dari hanya sekedar nilai yang mereferensikan suatu situs ke situs lainnya. Mereka juga menganalisis situs-situs yang memberikan nilai tersebut. Artinya, untuk contoh diatas,siapa halaman A juga dinilai oleh mereka. Kredibilitas halaman A juga dinilai. Jika A merupakan halaman yang cukup berbobot, maka nilai yang diberikan oleh A juga akan memiliki nilai khusus yang istimewa, sehi's Rankngga Google bisa menganggap situs tertentu merupakan situs yang "penting"
Penting untuk diketahui, situs yang berkualitas akan menerima PageRank yang tinggi, dimana Google akan mengingat nilai tersebut dari data-data yang mereka miliki. Tentu saja meskipun suatu halaman dianggap penting tidak akan berarti apa-apa buat anda, terutama ketika kata kunci yang anda minta tidak dimuat di halaman tersebut.
Jadi Google mengkombinasikan PageRank ini dengan teknik penyesuaian teks yang canggih untuk menemukan halaman yang benar-benar anda butuhkan dan sesuai dengan kata kunci yang anda berikan.
Pencarian melalui Google memang jarang mengecewakan pengunjungnya, karena mereka melakukan banyak sisi dalam melakukan analisa terhadap halaman-halaman yang ditampilkannya. Penilaian dilakukan dari berbagai hal, baik penyusunan isi halaman seperti bagaimanahalaman tersebutdikelola, serta hal lainnya yang dianggap perlu menurut Google, sehingga Google berkeyakinan bahwa halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari yang bermutu, tentu saja yang sesuai dengan kata kunci yang diminta.
PageRank awalnya dikembangkan di Standford University oleh Larry PAge, Sehingga metode tersebut diberi nama PageRank. Selain juga dibantu oleh Sergey Brin. Rancangan mereka adalah membuat suatu mesin yang bekerja untuk metoda baru dalam proses pencarian data internet. Proyeknya dimulai semenjak tahun 1995, danmendorong munculnya suatu fungsi mesin pencari yang diberi nama Google Inc, yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang search engine, dimana PageRank merupakan elemen kunci yang mereka gunakan dalam proses pencarian data di index mereka.
Jadi disini dapat disimpulkan bahwa PageRank merupakan penilaian kepopuleritasan suatu halaman di internet, bukan situsnya sendiri tapi halamannya. Dan PageRank tidak sama dengan Page's Rank, atau ranking dari sebuah halaman, karrena keduanya adalah hal yang berbeda
 







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: